Kota Batu Jalin Kerjasama Wisata dan Pendidikan Dengan Amerika Serikat.

BATU-Sebuah penghargaan bagi Pemerintah Kota Batu, karena  menjadi salah satu kota tujuan Konsulat Jenderal Amerika Serikat dalam memperingati hari kemerdekaan AS.  Hal itu sebagai kesempatan Kota Batu untuk menjalin kerjasama pengembangan pariwisata dan pendidikan.
Joaquine Makin Monseratte, Konjen Amerika Serikat menuturkan  ke Kota Batu ini bertujuan menjalin komunikasi lebih intens. Banyak hal yang dapat dikomunikasikan mulai promosi pariwisata hingga pertukaran pelajar - mahasiswa.

"Di AS itu ada obyek wisata yang hampir mirip Kota Batu. Sehingga bisa dikerjasamakan. Kami siap mengantarkan ke tempat tersebut,"terang Makin usai mendapat jamuan makan malam bersama Walikota Batu dan seluruh pimpinan SKPD di halaman rumah dinas, Sabtu (14/6) malam. 
Tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, ia menjelaskan peluangnya sangat terbuka lebar. AS mempunyai program menjalin kerjasama dengan pelajar-mahasiswa. Bentuknya bisa berupa pertukaran pelajar dan sejenisnya.

Konjen AS di Surabaya itu mengatakan ke Kota Batu sudah tiga kali. Namun bertemu langsung dengan kepala daerah baru pertama kali.Ia mengakui sangat terkesan dengan perkembangan kota ini. Sebuah kota yang investasinya cukup tinggi. "Kami berharap bisa terus dilanjutkan kerjasama ini,"kata Makin yang sudah fasih berbahasa Indonesia ini.

Sementara itu Walikota Batu Eddy Rumpoko menyambut positif tawaran kerjasama ini. Menurut dia pertemuan dengan konsulat jenderal ini harus ada tindak lanjut secara riil. Dijelaskan, bentuk riil itu soal menciptakan SDM yang mumpuni maka akan mengirimkan personel ke AS tentang pengelolaan wisata. Kemuadian juga memberikan kesempatan pelajar dari Kota Batu belajar di AS."Kami ingin itu terealisasi. Melalui APBD tahun depan program ini direalisasikan, tidak pakai lama,"ujar Eddy Rumpoko usai menjamu konsulat jenderal itu.

Sekedar diketahui, kunjungan konjen AS ke Kota Batu merupakan rangkaian safari ke 7 daerah di Jawa Timur. Rangkaian itu sebagai perayaan hari kemerdekaan AS. Tujuh kota itu meliputi Madiun, Malang, Batu, Bangkalan, Blitar, Sidoarjo dan Surabaya. (Udha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar