PS: Diharapkan Nantinya Yang Lain Juga Diajak Ikut Serta


 
Wakil Walikota bersama Ketua Kwarcab Kota Batu dan Kepala Kantor Lingkungan Hidup menyambut peserta karnaval Hari Lingkungan Hidup dari SDK Sang, Timur Kota Batu (Photo: Daniel/Humas)

Wakil Walikota Batu menerima ucapan Kasih dari Kepala Sekolah SDK Sang Timur, Sr. Yohana Baptista, PIJ (Photo: Daniel/ Humas)

Para peserta karnaval bersama Wakil Walikota, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Batu, Ketua Kwarcab Kota Batu, Kepala Sekolah SDK Sang Timur di depan pendopo Balai Kota Batu (Photo: Daniel/ Humas)

Karnaval SDK Sang Timur memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2014 (Photo: Daniel/ Humas)

BATU. Tahun ini peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia bertemakan “Raise your voice, not the sea level”, yang kemudian di Indonesia disesuaikan menjadi “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”. Berkaitan dengan momen tersebut hari ini (5/6) giat masyarakat di Kota Wisata Batu turut diwarnai dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang tiap tahunnya diperingati tanggal 5 Juni, dengan adanya kegiatan karnaval oleh SDK Sang Timur, Batu.

Setelah sebelumnya ada giat Das Berantas, yang merupakan kegiatan bersama mahasiswa Universitas Brawijaya dalam mencermati kondisi aliran sungai Brantas yang ada di Kota Batu, Pemerintah Kota Batu terus menunjukkan dukungannya terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup. Bertempat di pendopo Kota Batu, Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso (PS) menyambut rombongan karnaval SDK Sang Timur yang kebanyakan mengenakan kostum berbahan koran.

“Saya dulu juga bersekolah di SDK Sang Timur”, kata PS di awal sambutannya, untuk memberikan semangat kepada peserta karnaval, yang rata-rata duduk di kelas 3 dan 4 tersebut. “Saya di sini mewakili Bapak Walikota, Eddy Rumpoko. Saya, Wakil Wali Kota Batu”, lanjutnya.

“Kegiatan ini bagus sebagai upaya menanamkan kepedulian terhadap lingkungan pada diri anak”, ujarnya. “Diharapkan, nantinya, yang lain juga diajak serta dalam kegiatan-kegiatan semacam ini. Ada sekitar 3000an siswa lain yang ada di Kota Batu.”

Dalam pembukaan giat ini Wakil Walikota didampingi oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Drs. Muhlis, M.Pd dan Ketua Kwarcab Kota Batu, Drs. Siswanto, MM.

Dukungan terhadap kegiatan semacam ini rupanya tidak hanya berasal dari Pemerintah Kota Batu. Pihak orang tua murid pun juga sangat mendukung. Bahkan ada orang tua yang sengaja ambil cuti untuk mendukung anaknya turut serta dalam kegiatan ini.


 Diwakili oleh beberapa siswa, rombongan karnaval mempersembahkan sebuah puisi dan menampilkan yel-yel lingkungan. Kemudian disusul dengan penyerahan bunga anggrek dari kepala sekolah Sr. Yohana Baptista, PIJ kepada Wakil Wali Kota sebagai ucapan kasih atas keramahan Wakil Wali Kota.

Selesai dari pendopo Balai Kota, rombongan yang terdiri sekitar 200 peserta tersebut kemudian melanjutkan rute karnaval menuju alun-alun Kota Batu. Di alun-alun Kota Batu, mereka mengadakan atraksi berupa fashion kostum berbahan koran. Dengan  beragam desain yang dikenakan oleh anak-anak, mereka berusaha menarik perhatian masyarakat dan menyampaikan pesan akan perlunya kepedulian terhadap lingkungan. Para siswa ini tergabung dalam Gugus Depan Pramuka 001055 dan 001056 Kota Batu. (Doni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar