Kota Batu Ikut Andil dalam Parade Pangan Nusantara


Salah satu stand Pemkot Batu dalam Parade Pangan Nusantara (Foto: Kantor Ketahanan Pangan Kota Batu)

Parade Pangan Nusantara dilaksanakan mulai tanggal 16 Januari 2014 di lapangan rampal, Malang dilaksanakan. Tema umum yang diambil dalam acara tersebut adalah “Rakyat bersama TNI turut serta mengawal ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan nasional”.

Peserta parade pangan nusantara berasal berbagai daerah di nusantara, baik dari kalangan pemerintah ataupun masyarakat pengusaha. Pihak panitia menyediakan 4 zona sebagai lokasi stand peserta. Zona A, diperuntukkan bagi perwakilan masing-masing propinsi dan Kodam-Kodam; zona B diperuntukkan bagi pemerintah daerah dalam wilayah Jawa Timur; zona C, dan D diperuntukkan bagi masyarakat atau kelompok masyarakat pelaku usaha, khususnya usaha mikro dan menengah. Pada tanggal 16 sudah tercatat 34 propinsi, dan 120 peserta dari masyarakat usaha.

Dalam rangkaian pelaksanaan Parade Pangan Nusantara ini diadakan berbagai lomba dan disajikan pula hiburan-hiburan rakyat.

Sebagai bentuk dukungan dilaksanakannya kegiatan tersebut Pemerintah Kota Batu mengirimkan beberapa perwakilan untuk mengikuti Parade Pangan Nusantara. Dalam kegiatan ini Pemerintah Kota Batu diwakili oleh Kantor Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Kehutanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta SMKN 1, 2 Kota Batu, dengan membuka stand sejumlah 10 stand (1 di zona B, 9 di zona C).

Dengan keikusertaan ini Pemkot bermaksud memberikan dukungan pada kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaannya. Ini dilatarbelakangi oleh makin banyaknya produk-produk pangan instan yang masuk ke pasar saat ini sedikit demi sedikit produk pangan masyarakat lokal tergeser dan akhirnya berdampak negatif pada masyarakat dan penghidupannya, khususnya yang bersandar pada pengolahan dan penjualan produk pangan tradisional. 
  
Dari lomba yang diikuti oleh perwakilan Pemerintah Kota Batu tersebut, Pemerintah Kota Batu memenangka dua lomba yakni juara III Lomba Dekorasi Stand Tingkat Propinsi Jawa Timur, dan Juara I Lomba Kreasi Makanan Altrenatif dari Bahan Dasar Singkong Tingkat Nasional. Dalam lomba tersebut Pemerintah Kota Batu diwakili oleh Kantor Ketahanan Pangan Kota Batu. (doni/udha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar