Lampu Stadion Brantas Kota Wisata Batu Standart ISL



BATU - Lampu Stadion Brantas Batu sudah berfungsi normal setelah pengadaan baru. Lampu baru stadion tersebut sudah dilaunching dengan internal game timnas U-19, Minggu (5/1) malam. Lampu anyar stadion tersebut bisa menyala dengan baik selama pertandingan berlangsung.
Uji coba lampu stadion tersebut dinyalakan sekitar dua jam. Itu karena pertandingan menggunakan waktu dua kali 30 menit dan masih ditambah persiapan, masa jeda pertandingan dan usai pertandingan. Tidak ada lampu redup ataupun mati dalam proses uji coba penggunaan itu.
"Saya kira lampu stadion sudah bisa digunakan secara normal. Dari hasil uji coba, lampu sudah bisa digunakan sekitar dua jam tanpa ada permasalahan," ungkap Sekretaris Pengcab PSSI Kota Batu, Zainul Arifin KR.
Melihat uji coba itu, kata dia, Stadion Brantas sudah bisa digunakan kegiatan malam karena keberadaan lampu. Latihan malam, kegiatan hingga pertandingan sepak bola sudah bisa dilakukan di Stadion Brantas. Apalagi stadion tersebut sudah didukung dengan keberadaan rumput standart, sehingga pertandingan sekelas ISL sudah bisa menggunakan stadion di Kota Batu ini.
Pihaknya juga sudah meminta masukan dari pelatih timnas U-19, Indra Sjafri terkait pencahayaan lampu baru itu. Dia mendapatkan keterangan jika lampu tersebut sudah pas untuk pertandingan atau latihan malam karena tingkat penerangan sudah pas. Lampu cukup terang, tetapi tidak membuat pemain silau ketika melakoni pertandingan. "Coach Indra Syafri juga sudah mengakui tentang pencahayaan lampu stadion sudah pas," tandas Zinung sapaan akrabnnya.
Menurut Direktur PDAM Kota Batu ini menjelaskan, ada berbagai pihak yang menyatakan tiang lampu di sebelah utara sedikit miring. Karena kondisi kemiringan, pencahayaan terganggu. Namun jika dilihat dari titik tengah, tiang tersebut berdiri tegak dan tidak ada kemiringan.
Dia juga menjelaskan, Pengcab PSSI juga siap menggelar turnamen dengan keberadaan lampu stadion. Turnamen itu bisa bersifat nasional atau internasional demi mendukung Batu sebagai kota wisata. Selain itu keberadaan lampu menjadikan fasilitas Kota Batu sebagai lokasi training center tim sepak bola dalam dan luar negeri semakin lengkap.
"Kalau tim sedang melakukan TC dan butuh latihan malam atau pertandingan uji coba malam hari, tidak terkendala lagi dengan penerangan stadion," kata dia.
Dari data yang ada, lampu Stadion Brantas memiliki kekuatan 1200 lux. Lampu dengan kekuatan tersebut merupakan standart pertandingan nasional dan internasional. 

Sumber : Malang Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar