Walikota Batu Eddy Rumpoko Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah

Upacara Hari Otoda di Stadion Brantas Kota Batu (foto : dok.humas/daniel)

Walikota Batu Eddy Rumpoko Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah

Batu- Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke – XVIII yang digelar bertepatan dengan apel pagi setiap hari senin yang diikuti oleh seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Honorer dilingkungan Pemkot Batu di Lapangan Stadion Brantas Batu,Senin (28/4).

Upacara tersebut dihadiri oleh Dandim 0818, Kapolres Batu, Kajari Batu, Ketua DPRD Kota Batu dan undangan dari Tokoh Masyarakat dan Ormas Kemasyarakatan. Acara penuh khidmat tersebut bertindak sebagai inspektur upacara adalah Walikota Batu Eddy Rumpoko.

Pada Peringatan hari Otonomi Daerah tersebut tema yang diangkat secara Nasional yakni “Dengan Otonomi Daerah, Kita Sukseskan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2014 Dalam Upaya Memperkuat Tata Kelola Pemerintahan Daerah”. Dengan tujuan diharapkan seluruh aparatur sipil Negara dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah, dengan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini, untuk sebesar-besarnya kesejahteraan buat masyarakat.

Dalam Sambutannya,Walikota, Eddy Rumpoko yang membacakan amanat dari Menteri Dalam Negeri Pemerintah Republik Indonesia, Gumawan Fauzi mengatakan, penyelenggaran pemerintah daerah harus sesuai Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah, menggunakan prinsip otonomi seluas-luasnya, artinya, daerah diberikan kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintah. Tema peringatan ini juga merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada jajaran Pemerintahan dan Pemda untuk memperkokoh tanggung jawab serta kesadaran bersama akan amanah, serta tugas untuk memberdayakan prinsip-prinsip otonomi daerah."Selain merupakan sebagai ekspetasi, refleksi serta eksistensi, peringatan tersebut juga untuk memberdayakan prinsip otonomi daerah, dalam mewujudkan daerah menjadi mandiri, maju, serta sejahtera dalam kerangka NKRI," ujarnya.

Gamawan juga meminta untuk tetap menjaga kondusifitas di masyarakat pasca pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu serta dalam menghadapi Pilpres tanggal 9 juli mendatang, selain itu Pemda agar terus menjaga terselengaranya pelayanan publik dan aktifitas pemerintahan, sehingga pelaksanaan Pemilu tahun 2014 berjalan dengan baik, aman, terkendali juga jauh dari suasana anarkis. (hadi/udha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar