Pesanggrahan dan Pandanrejo Juara Desa Berseri Tingkat Jatim


BATU-Dua desa di wilayah Kota Batu mendapat prestasi yang membanggakan. Yakni Desa Pesanggrahan kecamatan Batu dan Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji mendapatkan prestasi Desa Berseri Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Betapa tidak, sampai saat ini  desa bersih dan lestari (berseri) di Jawa Timur baru sedikit.  Data 2013 menyebutkan desa  yang mendapatkan penghargaan Berseri dari provinsi baru mencapai  88 desa/kelurahan dari total 8.506 desa di Jatim.  Jadi dua desa di Kota Batu yang dapat meraih prestasi ini terbilang luar biasa.

Penyerahan anugerah prestasi itu sebelumnya disampaikan oleh Gubernur Jatim Soekarwo kepada Walikota Batu Eddy Rumpoko, beberapa waktu lalu. Selanjutnya, Walikota Batu Eddy Rumpoko menyerahkan langsung kepada Kepala Desa Pesanggrahan Anam Suyanto dan Kepala Desa Pandanrejo Abdul Manan.  Penyerahannya, bertepatan dengan malam resepsi  HUT RI di balaikota Batu. 

Walikota Batu mengatakan, pengembangan desa berseri merupakan program pembangunan lingkungan yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan. Pengembangan ini dapat dilakukan dengan menggerakan seluruh masyarakat karena melibatkan nilai-nilai masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Ia mencontohkan langkah-langkah dalam mengembangkan desa berseri seperti mengajak  seluruh elemen masyarakat untuk mengembangkan desa berseri di masing-masing daerahnya. Serta dengan menggerakkan guru agar bisa memberikan pencerahan terhadap muridnya sehingga peduli dengan lingkungan sekolah, pemerintah memberikan stimuli kepada guru berupa penghargaan, dan mengukuhkan kader desa/kelurahan berseri.

“Pembangunan lingkungan itu sangat penting  karena merupakan program prioritas Kota Wisata Batu selain pertumbuhan ekonomi, penurunan kemiskinan, penurunan pengangguran, peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), dan mengurangi disparitas wilayah,”katanya. 

Pada kesempatan itu, Walikota Batu juga menyerahkan 3 mobil pick up kepada 3 kecamatan di Kota Batu (Batu, Bumiaji dan Junrejo). Kendaraan tersebut merupakan sumbangan dari Bank Jatim dengan tujuan untuk membantu pertanian. (ej/udha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar