KUD Batu Penyokong Ekonomi Masyarakat, Tercatat dalam Sejarah Per-Susu-an. PS: “Kami akan membantu, Kami tidak ingin Menyanyi”

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso (PS) memberikan
sambutan dalam RAT KUD Batu (Foto: Daniel/ Humas)

KUD Batu yang telah menjadi salah satu penyokong ekonomi masyarakat Kota Batu, hari ini mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Kamis (20/2), di aula KUD Batu, Jl. Diponegoro no. 8, Kota Batu. Kepada sejumlah 150 anggota koperasi yang hadir dalam RAT pengurus mempertanggungjawabkan kinerja koperasi selama tahun 2013 kepada para anggotanya.

Berdasarkan audit dari pihak Akuntan Publik yang laporannya disampaikan oleh H. Marachban, audit dilakukan dengan berpedoman pada standard yang ditetapkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Dari hadil audit tersebut KUD Batu dinyatakan wajar.

Acara yang dibuka oleh Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, ini dihadiri pula oleh sejumlah undangan yang merupakan tokoh penopang perkoperasian dan pemerintahan, di antaranya adalah Drs. H. Ismail Hasan, MM selaku Ketua KUD Batu, Ir. H. Sulistyanto, MM selaku Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), Dr. Ir. Rudi selaku perwakilan dari Balai Besar Penyuluh Peternakan (BBPP) Songgoriti, H. Marachban selaku Akuntan Publik, Camat Junrejo, Camat Batu, serta perwakilan dari BNI.

“KUD Batu merupakan koperasi yang telah berstandar nasional (SNI)”, kata Ketua KUD Batu dalam sambutan pembukanya. “Dan dengan demikian, hasil susu yang dikeluarkan oleh KUD Batu memiliki kualitas yang semestinya”, tambahnya. Tekait dengan kualitas susu yang dihasilkan, Sulistyanto dari GKSI menyampaikan, “KUD Batu telah tercatat dalam sejarah per-susu-an nasional, sehingga tidaklah mungkin menghapuskan nama KUD Batu”. “KUD Batu terlah ber-SNI, perlu ditingkatkan lagi agar mempunyai SOP untuk menjaga kualitas”, tambahnya. Apresiasi akan kualitas susu yang dihasilkan oleh KUD Batu juga dinyatakan oleh pihak BBPP, bahkan diharapkan nantinya KUD Batu bisa mempunyai pabrik susu sendiri.

Sementara itu, Punjul Santoso dalam sambutannya menyatakan apresiasi yang sangat akan peran KUD Batu dalam menopang perekonomian masyarakat Kota Batu selama ini. “Agar secara bertahap, lewat kemajuan perkoperasian bisa ikut mendongkrak tingkat perekonomian Kota Batu melalui kesejahteraan anggotanya”, kata Punjul Santoso. Secara khusus, PS memberikan apresiasi terhadap KUD Batu terkait perannya dalam pencapaian Visi & Misi Kota Batu. Hal ini dikarenakan KUD Batu berperan penting dalam olah lanjut hasil peternakan masyarakat Batu yang pada lima tahun ini juga merupakan sasaran capaian visi dan misi Kota Batu. Dan mengingat akan peran penting KUD Batu, PS menyatakan, “Kami akan membantu”. “Pada poin inilah Pemerintah memiliki kepentingan untuk mengalokasikan dana pembinaan melalui APBD 2014. Meskipun belum memenuhi harapan namun sudah terjadi peningkatan dari tahun ke tahun”, ujarnya. PS juga menyampaikan kepada pengurus dan manajer yang hadir dalam acara ini agar diupayakan harga susu pengepul dinaikkan mengingat bahwa selama ini harga per liternya masih di kisaran harga Rp 5.000. Disampaikan pula, apalagi mengingat adanya program susu gratis yang dicanangkan oleh pihak Pemkot. “Kami tidak ingin menyanyi”, tambahnya, menegaskan komitmen Pihak Pemkot mengangkat petani susu.

Di sela-sela sambutannya yang memberikan apreasiasi dan dukungan, PS juga menyisipkan harapan agar KUD Batu terus meningkatkan usahanya. Saat ini KUD Batu telah mempunyai 9 unit usaha. Diharapkan pula hendaknya KUD Batu dapat menangkap peluang usaha baru mengingat bahwa Pemkot Batu terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata dengan pengembangan obyek-obyek pariwisata “KUD Batu diharapkan mulai mengadakan penyesuaian dengan melaksanakan perubahan anggaran dasar tentang jenis usaha, modal usaha I (konversi modal usaha). Sebagai bahan ilustrasi, PS menyampaikan rencana pihak Pemkot yang hendak mengembangkan obyek wisata taman bunga di daerah sekitar Pandanrejo, Sidomulyo; dan, pengembangan obyek wisata Asian Culture Park.

Menanggapi wacana peluang pengembangan pabrik susu dalam rangka pengembangan KUD Batu untuk makin menyejahterakan para anggotanya, PS menyampaikan dukungannya, sembari memberikan masukan, “Hendaknya dikoordinasikan dengan pihak Pemkot, mengingat RTRW Kota Batu”. (Doni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar