SOSIALISASI PENANGGULANGAN HIV/AIDS


BATU. Kamis (6/2). Permasalahan HIV/AIDS bukan saja menjadi masalah nasional melainkan sudah menjadi masalah global. Hal ini karena lebih dari 40 juta jiwa manusia di dunia telah terinfeksi HIV/AIDS. Di Indonesia tidak ada provinsi yang dinyatakan bebas dari HIV/AIDS, Bahkan diperkirakan HIV/AIDS sudah menjangkit lebih dari separuh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Wakil Walikota Batu Punjul Santoso selaku Ketua KPA Kota Batu saat menghadiri rapat Sosialisasi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Batu di gedung Bima Sakti Kelurahan Songgokerto. Sosialisasi Penanggulangan HIV/AIDS ini diadakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kota Batu. Dalam acara ini pula disampaikan bahwa, di Kota Batu sampai dengan Desember 2013 ada sebanyak 144 kasus dan yang telah meninggal sebanyak 44 kasus.”HIV/AIDS bisa terjadi manakala kita berganti pasangan tanpa menggunakan alat pengaman yaitu kondom”ujar salah seorang pembicara.

Kota Batu sebagai Kota Wisata banyak menyediakan fasilitas wisata sehingga banyak wisatawan yang datang ke Kota Batu. Dengan kondisi seperti ini maka tidak bisa dipungkiri adanya efek negatif seperti praktek protitusi(sex bebas) meskipun dilakukan secara sembunyi – sembunyi.

Menanggapi hal tersebut  Wakil Walikota meminta ke depan KPAK (Komisi Penanggulangan Aids Kota) Batu akan bekerja sama dengan BNN untuk menyampaikan sosialisasi ini kepada masyarakat untuk mencegah bertumbuhnya HIV/AIDS. Dengan langkah seperti ini diharapkan supaya semakin lama semakin berkurang, yang pada akhirnya keberhasilan penanggulangan AIDS dan narkoba akan membawa dampak positif bagi kesehatan masyarakat Kota Batu dan dapat meningkatkan pembangunan bangsa pada umumnya.
(Hadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar