“WARTAWAN ADALAH REFERENSI PEMERINTAH UNTUK BEKERJA”

(Foto: Pramono/ Humas)

(Foto: Pramono/ Humas)
Ada pembicaran menarik yang terjadi antara peserta rombongan kunjungan kehumasan Kota Batu dengan Kepala Bagian Humas Badung, A. A. Gede Raka Yuda, di ruang pers yang kala itu juga didampingi oleh stafnya dan juga wartawan setempat “Berbicara peran penting media, media merupakan pilar ke-4 dalam pemerintahan. Kemajuan yang terjadi di Badung, termasuk dibangunya gedung ini (red. Sekitar 43 Are) tak lepas dari peran media”, ujar Kabag Humas Badung, “Wartawan merupakan referensi untuk bekerja”, tegasnya.
Terkait dengan perkembangan pariwisata di Badung yang pesat dan tetap mempertahankan kearifan lokal, Kabag Humas Badung menyampaikan bahwa hal ini tak lepas dari peran penting dukungan masyarakat. Ia mengatakan bahwa masyarakat perlu terlibat aktif dalam pengembangan pariwisata. Dan agar bisa terlibat aktif menunjang pariwisata, pengembangan kepariwisataan harus mempuyai efek manfaat langsung bagi masyarakat. Ia menambahkan bahwa obyek-obyek wisata di Badung, khususnya di desa-desa, pengelolaan diserahkan pada masyarakat setempat. Pemerintah Kabupaten Badung dalam hal ini berperan memberikan kemudahan-kemudahan dan fasilitasi berupa kebijakan, semisal subsidi pajak obyek wisata. Di Kabupaten Badung, untuk obyek wisata yang menggunakan tanah adat, pajak dibayarkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Badung. 
Menanggapi pertanyaan salah seorang peserta rombongan, terkait relasi antara pihak Humas Badung dan Wartawan, Kabag Humas menjelaskan bahwa masing-masing pihak menjaga kompetensi masing-masing, semangat yang dimiliki oleh instansi bersangkutan, sehingga bisa muncul sinergi yang sesuai yang mengarah pada pengembangan masyarakat.
Mulai tanggal 6 Februari, sore, sampai dengan 9 Februari, pagi Pemerintah Kota Batu, dalam hal ini Bagian Humas memberangkatkan beberapa wartawan ke Bali. Wartawan-wartawan ini adalah wartawan yang bertugas meliput di wilayah Pemerintah Kota Batu, yang mana lewat pemberitaannya telah ikut andil dalam pembangunan dan pengembangan Kota Batu, baik dengan fungsi kontrolnya ataupun dengan fungsi supportnya.
 Ada 19 wartawan yang ikut dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai media, baik surat kabar ataupun radio, baik harian ataupun mingguan. Ikut pula dalam rombongan ini 2 staf humas, dan 2 Kasubag Humas Kota Batu, Tutri Adi Laksono (Kasubag Publikasi dan Kerjasama Pers), Moh. Rifki (Kasubag Peliputan dan Dokumentasi).
 Sebagaimana disampaikan oleh Kabag Humas, Sinal Abidin, dalam pesan pemberangkatan, diharapkan kegiatan ini bisa memunculkan ide kreatif yang nantinya akan berguna untuk pengembangan Kota Batu. "Selamat jalan, selamat menikmati kunjungan ini. Ada banyak hal yang bisa dipelajari, smisal bagaimana relasi antara media dan pemerintah, bagaimana relasi kerjanya, bagaimana ruang persnya, dan sebagainya. Dan semoga nanti bisa muncul ide gagasan pula yang bisa disumbangkan demi pengembangan Kota Batu", ujarnya.
 Rombongan ini mengunjungi Kabupaten Badung, dan disambut oleh Kepala Bagian Humas Kabupaten Badung, A. A. gede Raka Yuda, dan jajarannya beserta beberapa wartawan yang bertugas meliput di wilayah Kabupaten Badung.
Sebagai bagian dari kunjungan perjalanan dilanjutkan dengan berkunjung ke salah satu obyek wisata yang baru dibuka, yakni pantai Pandawa.

 Kesempatan berkunjung ke obyek wisata ini tidak disia-siakan oleh para wartawan untuk memperoleh informasi seputar pengelolaan dan pengembangan obyek wisata di Bali. Kebanyakan obyek wisata di Bali, menurut keterangan Kabag Humas Kabupaten Badung, pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat setempat. Hal ini dilakukan dengan harapan masyarakat dapat secara langsung merasakan manfaat dari keberadaan obyek wisata setempat, yang pada akhirnya juga akan memunculkan rasa memiliki serta giat untuk berpartisipasi mengembangkan pariwisata di Bali. (Doni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar