Punjul Santoso: LAKIP Pemerintah Kota Batu perlu ditingkatkan, serta supaya menyajikan informasi kinerja yang berorientasi outcome


BATU. Senin (3/2), bertempat di ruang Bina Bhakti Praja Pemkot Batu, Cofe Morning berlangsung dipimpin oleh Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, didampingi oleh Asisten Administrasi dan Umum, Ir.Chairul Sjarif Tartila S, dan Asisten Pemerintahan dan Pembangunan, Drs. Siswanto,MM. Dalam acara ini hadir  seluruh Kepala SKPD termasuk Lurah se-Kota Batu.
Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso dalam kesempatan ini menjelaskan hasil evaluasi  dari MenPAN, bahwa Pemerintah Kota Batu mendapat nilai 40,37 atau dengan predikat penilaian “C”. Adapun rincian hasil penilaian adalah sebagai berikut :

Komponen Yang Dinilai
Bobot
Nilai 2012
Nilai 2013
a
Perencananaan Kerja
35
8,89
15,62
b
Pengukuran Kinerja
20
2,52
3,23
c
Pelaporan Kinerja
15
7,32
6,99
d
Evaluasi Kinerja
10
2,30
1,72
e
Capaian Kinerja
20
14,12
12,81

Nilai Hasil Evaluasi
100
35,15
40,37

Tingkat Akuntabilitas Kinerja
C
C

Menyikapi hasil evaluasi tersebut Wakil Walikota Batu menyampaikan, “Inspektorat agar membuat pedoman evaluasi akuntabilitas kinerja dan dengan dasar pedoman itu dilakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap unit kerja dilingkungan Pemerintah Kota Batu”. Punjul Santoso juga menjelaskan, Capaian kinerja yang dilaporkan dalam LAKIP Pemerintah Kota Batu perlu ditingkatkan serta dapat menyajikan informasi kinerja yang berorientasi outcome karena sebagian besar informasi kinerja yang disajikan berorientasi output.
Selain itu Coffe morning kali ini juga membahas beberapa hal lain. Hal pertama yang dibahas   adalah perihal capaian program Bappeda selama setahun ini sebagai pendamping Bidang air minum dalam upaya peningkatan pelayanan air minum dan kapasitas staf PDAM Kota Batu. Pemaparan capaian Bappeda ini diwakili oleh perwakilan IUWASH, Laksmi. ”Indikator capaian: meningkatnya performance indeks PDAM sampai dengan 20% pada akhir pendampingan”, ujarnya.
Kesempatan kali ini dipergunakan pula oleh Kepala Badan Inspektorat, Drs.Susetya Herawan,MSi untuk menjelaskan Perwali tentang Sistem Pengendalian Intern Pengadaan Barang dan Jasa  Pemerintahan Kota Batu tahun 2013. Di akhir acara, Kepala BPKAD, Edi Murtono meminta kepada  PPK dan Bendahara Keuangan disetiap SKPD untuk hadir dalam rapat hari ini jam 13.00 WIB guna membahas masalah belum dilakukannya penutupan Kas tahun 2013.(Hadi wahyono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar